Minggu, 24 Februari 2013

Jenis-Jenis Otot



Otot dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu otot lurik, otot jantung, dan otot polos.
a.  Otot lurik/ rangka/ seran lintang
 Otot lurik melekat pada rangka dan berfungsi menggerakkan rangka. Otot lurik tersusun dari miofibril berinti banyak, intinya terletak di tepi sel, berwarna gelap dan terang, tersusun teratur, serta tampak bergaris. Otot lurik disebut juga otot sadar karena bekerjanya dikendalikan oleh kehendak kita. Kontraksinya cepat, tidak teratur, dan mudah lelah.









b.  Otot jantung atau Myocardium

Otot jantung hanya terdapat di jantung.Otot ini secara anatomis mempunyai ciri seperti otot lurik, tetapi berinti satu atau dua dan terletak di tengah sel. Otot jantung mempunyai cabang-cabang yang menghubungkan sel satu dengan sel lain yang disebut anastomosis. Batas antar selnya tampak jelas dan disebut diskus interkalaris.




c.   Otot polos


Bentuk sel otot polos seperti gelendong, bagian tengah besar dan ujungnya meruncing.Tidak mempunyai diskus interkalaris.  Inti selnya satu berada di tengah sel.Otot ini bekerja di luar kehendak (otot tidak sadar). Kontraksinya lambat dan lama serta tidak mudah lelah. Letak otot polos berada di alat-alat tubuh bagian dalam seperti= lambung, usus, kerongkongan, dll.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar